Senin, 03 Desember 2012

resensi novel

GETARAN DUNIA LAIN


· Judul : Getaran-Getaran
· Pengarang : Haryati Soebadio
· Penerbit : Djambatan
· Kota Terbit : Jakarta
· Tahun Terbit : 2002
· Ketebalan : 160 halaman
· Jenis Buku : novel


Getaran-getaran merupakan cerita yang mengupas masalah mistis dan paranormal. Dalam cerita ini, Rani (Mahrani Juwita) seorang wanita muda yang baru ditinggal suaminya secara mendadak. Beberapa orang menganggap rumah tersebut dihuni makhluk halus yang menganggu. Konon menurut seorang paranormal adalah arwah istri pertama suami Rani yang diduga meninggal karena bunuh diri. Bahkan karena arwah itulah juga suaminya meninggal.

Hari itu, banyak tetangga yang datang ke rumah Bu Rani. Itu dikarenakan suami Bu Rani, Pak Jul (begitulah orang-orang menyebutnya) meninggal dunia akibat serangan jantung. Namun, beberapa isyu menyebutkan meninggal dunia akibat diganggu oleh arwah Atika (istri pertama Pak Jul) yang kabarnya meninggal bunuh diri yang tidak tenang dalam rumah itu. Setelah kematian suaminya Bu Rani mewarisi usaha dan harta Pak Jul, termasuk rumah yang dihuninya bersama, yang konon tempat itu sebelumnya adalah sebuah makam. Namun, Bu Rani sesegera mungkin menjual rumah tersebut kepada keluarga Kus (sahabat Pak Jul) yang telah lama mengidam-idamkannya.

Sukses menjual rumah itu, Bu Rani pindah ke sebuah rumah yang sesuai seleranya. Tetapi ternyata Bu Kus meminta penjelasan kepada Bu Rani sebab orang-orang asing yang menyewa rumah itu kepada Bu Kus mengaku tidak betah lantaran sering melihat dan diganggu hantu. Bu Rani, Asti, dan Pak Junaedi (sahabat Bu Rani dan Pak Jul) yang juga bekerja sama dalam bisnisnya. Pak Kus, Bu Kus, dan Pak Pandit (paranormal) yang dipanggil Bu Kus, mengadakan pertemuan yang membahas rumah tersebut dan dari pertemuan itu, diketahui bahwa Bu Rani tidak pernah melihat ataupun diganggu hantu, namun Bu Rani hanya pernah merasakan karena adanya hal-hal gaib dalam rumah tersebut. Selain itu, Bu Rani juga pernah melihat Pak Jul diganggu. Selain itu, menurut pengakuan Pak Kus, Pak Jul sebenarnya terpaksa menikahi Atika lantaran Atika mengejar-ngejarnya. Oleh sebab itu, Pak Jul sering memperlihat ketidaksukaannya kepada Atika dengan membawa beberapa wanita lain ke rumahnya. Diduga itulah penyebab Atika bunuh diri dan arwahnya tidak tenang.

Setelah pertemuan itu, Pak Jun memberikan surat wasiat dari Pak Jul yang ditulis tangan olehnya sendiri sebelum meninggal kepada Bu Rani secara pribadi dan disaksikan Asti. Dalam surat itu, Pak Jul menjelaskan bahwa dirinya sering diganggu hantu Atika. Keesokkan hari, Pak Jun dan Asti membincangkan soal Bu Rani yang katanya menikah dengan Pak Jul karena orang tua Bu Rani tidak sanggup membayar hutang kepada Pak Jul. Pak Jul memang tergila-gila dengan Bu Rani, namun ia Bu Rani tidak. Kebenaran kehidupan cinta mereka membuat Asti dan Pak Jun penasaran. Mereka berencana untuk menanyakannya langsung kepada Bu Rani.

Dalam novel ini ceritanya menarik, kata-kata mudah dimengerti, tulisan dengan tinta yang jelas, dan juga menceritakan hal-hal mistis.

Namun dalam novel ini buku yang sudah lama begitu pula ceritanya pun sudah lama, fisik buku rusak, kertas yang dipakai buram.

Novel ini baik dibaca bagi semua umur.

Penulis buku GETARAN-GETARAN ini bernama HARYATI SOEBADIO dilahirkan di Jakarta, 24 Juni 1928. Mendapat pendidikan dalam bidang Sastra Sansekerta dan Jawa Kuno dari Gemeentelijke Universiteit Amsterdam sampai mencapai gelar Doktor. Karirnya di bidang pendidikan dimulai sebagai dosen di Fakultas Sastra Universitas Indonesia hingga kemudian dikukuhkan sebagai Guru Besar; bahkan kemudian karirnya dilanjutkan dalam bidang pemerintahan sebagai Menteri Sosial untuk periode 1988-1992. Di samping menulis karya ilmiah, ia juga menulis beberapa cerita anak-anak dan novel remaja yang mengupas masalah-masalah yang aktual, dengan menggunakan nama samaran.



Penulis resensi ini bernama NOVIA MARDIANA dilahirkan di Jakarta, 15 November 1996. Ia suka dipanggil Novi. Hobinya itu selalu mendengarkan musik yang disukainya dan yang ia punya dimana pun dan apapun itu. Akun twitter : @novia_mardiana. Blogger : novia-mardiana.blogspot.com ID Line nm9611 pin BBM 79B2BD0E.  Cewe yang zodiaknya scorpio ini suka makan jika lagi laper atau kepengen.

0 komentar:

Posting Komentar